Translate

Selasa, 03 November 2015

Taman Nasional Tanjung Puting



   


Taman Nasional Tanjung Puting

       Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Kalimantan Tengah. Tepatnya di Kecamatan Kumai.
Di Taman Nasional ini terdapat satwa langka khas Kalimantan, seperti orang utan, owa Kalimantan, beruang madu, dan lain-lain. Juga terdapat tumbuhan khas Kalimantan seperti anggrek dan kantung semar. Taman Nasional ini bertujuan agar satwa langka dan tumbuhan yang dilindungi aman dari bahaya kepunahan.  
Image result for tanjung putingImage result for tanjung puting


Image result for tumbuhan di tanjung puting


Ketika orang utan masih bayi, maka bayi tersebut dirawat di Balai Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Desa Pasir Panjang. Setelah beranjak  remaja, barulah orang utan tersebut dipindahkan ke Taman Nasional agar lebih mandiri, dapat  bersosialisasi, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.


Akhir-akhir ini bencana kabut asap melanda Kalimantan dan Sumatera. Di Kalimantan bencana kabut asap juga diakibatkan dari adanya pembakaran hutan dan lahan di daerah Taman Nasional Tanjung Puting yang mengakibatkan banyak orang utan melarikan diri mencari tempat yang aman untuk berlindung. Kejadian ini membuat orang utan takut akan hal itu. Penjaga taman nasional mengatakan, bahwa pihaknya akan lebih cepat lagi menanggulangi bencana kabut asap yang seperti ini. 

Sumber gambar :
alamendah.org
http://pemandangan.fotoindonesia.com/18270/tanjung-puting-hutan-artistik-dan-bermanfaat.html
www.catatanhisoka.com
http://nasional.tempo.co/read/news/2015/10/22/206712010/16-ribu-hektare-hutan-taman-nasional-tanjung-puting-terbakar
http://adattours.com/tour/tanjung-puting/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar